CLOCK

Bauksit




Bauksit adalah batuan-batuan yang rupanya seperti lempung kering, putih kemerahan (tergantung pada campuran kotoran yang terdapat di dalamnya) yang mengandung 55% – 65% Al; sehingga merupakan bijih dari alumunium. Bauksit merupakan kelompok mineral aluminium hidroksida (seperti gibsit-Al2O33H2O; boehmit-Al2O3H2O; diaspor Al2O3H2O.), yang dalam keadaan murni berwarna putih atau kekuningan.

Alumunium termasuk salah satu logam yang mempunyai sifat-sifat yang sangat menguntungkan inilah yang menyebabkan pemakaiannya laju dan cepat. Jika dibandingkan dengan logam lainnya, maka alumunium merupakan logam yang termudah digunakan oleh manusia yaitu mulai pada tanggal 1825. produksi bauksit Indonesia pada tahun 1971 adalah 1.237.610 ton sebagian besar di ekspor ke jepang. Ternyata bahwa dewasa ini pemakaian alumunium tidak kalah dengan logam lainnya bahkan merupakan saingan yang berat, misalnya keperluan dalam:
  1. Alat-alat transport: motor truk, bus, kereta api, kapal, dan pesawat (yang ± 75% dari dari berat mesin terbang terdiri dari alumunium)
  2. Barang keperluan sehari-hari dalam rumah tangga: piring, sendok, panci, asbak, dan lain-lain.

Pembuatan alumunium dari bauksit pada pokoknya melalui tiga tingkatan:

  1. Bijih bauksit dikerjakan dahulu di tempat pertambangan agar menjadi ringan dan kering.
  2. Pembersihan yang dikerjakan di pabrik-pabrik
  3. Pemisahan bahan alumunium, yang dikerjakan dengan listrik dalam pabrik-pabrik tersendiri. Karena itu pabrik pemisa alumunium itu bertempat di daerah-daerah yang murah listrik

1 komentar:

Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Tinggalin Pesan


ShoutMix chat widget

Followers

SITE INFO